Grad Student at Digital Media Bremen who really like to sleeep and to eat. Trying to struggle in this foreign country with all I have including my eating habits and an acute short term memory lost. ..

Minggu, 22 Juni 2008

Menjamak Magrib dan Isha di Waktu Summer, afdolkah?

Bagaimana sebenarnya hukumnya?

Berhubung di puncak2 musim panas ini, jam sholat isha itu adalah jam 12 kurang di bagian bumi utara ini, hal ini menjadi pertanyaan di pengajian Bremen siang ini. Banyak beberapa orang di sini yang biasa tdr cepat (tdk seperti saya), menyatakan bahwa menjamak Magrib dan Isha itu adalah boleh, dengan syarat seseorang tersebut harus tidur sebelum masuk waktu Isha. Mungkin untuk keluarga2 yg punya anak2 kecil barangkali..

Menurut saya pribadi, berhubung saya jam 12 itu blm tdr, yah.. Saya g gitu percaya dgn hukum yang menyatakan boleh itu.. kalo udah ngantuk bgt, ttp aja saya tahan2in biar g ktdran.. toh udah biasa tdr di atas jam 12. Tapi krn kita di indonesia g pernah diajarin masalah ini.. lah wong jam mataharinya gesernya g extrim, jdnya bingung jg gmn sebenernya hukum yang berlaku. Penasaran jg jdnya. Walau kadang saya ngeliatnya aneh kalau ada yg menjamak ini. Mgkn kita yg muda2, merasa aneh.. krn jam tdr kita beda. Berfikir "apa coba susahnya nahan sampe jam 12?".

Jamak itu kan keringanan yg biasanya utk perjalanan jauh. Ini kan kita g kmn2.. tp cm masalahnya Ishanya terlalu mlm aja.. So how? Apakah sebenernya boleh dijamak? Menurut saya, knp g bgn lg aja? Kalo kita bs bgn utk subuh, knp g bs bgn utk Isha?

1 Komentar:

Pada 23 Juni 2008 pukul 07.54 , Blogger raddie mengatakan...

ahem, saya kurang tahu soal jamak menjamak..cuman pengen komentar yang ini...

"Grad Student at Digital Media Bremen who really like to sleeep and to eat. Trying to struggle in this foreign country with all I have including my eating habits and an acute short term memory lost. .."

WAKAKAKAKAKAKAKAKAKKAKAKAKAA...short term memory lost-nya cuman kalo kurang tidur plus capek doang kok vit...suka ketinggalan kaset gitu...huahahahhaa....

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda